Rabu, 08 Desember 2010

SOAL REMIDIASI SOSIOLOGI KELAS XI IPS

PEMERINTAH KOTA MAGELANG
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 MAGELANG
Jl. Urip Sumoharjo Kota Magelang Telp (0293) 363669

REMIDIASI ULANGAN SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011


Mata Pelajaran : SOSILOGI
Kelas / Program : XI / ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Hari / Tanggal : JUM’AT/10 DESEMBER 2010
Waktu : 09.00-10.30 WIB
Ruang : XC dan XD

PETUNJUK UMUM :
• DIKUMPULKAN HANYA LEMBAR JAWABAN
1.Pembedaan penduduk secara bertingkat atau berdasarkan garis vertikal merupakan pengertian ....
a.stratifikasi sosial
b.kemajemukan sosial
c.peranan sosial
d.konflik sosial
e.Asimilasi sosial

2.Kemajemukan sosial adalah pembedaan penduduk secara horizontal yang terbentuknya berdasarkan pada ....
a.suku bangsa, agama, dan heterogenitas profesi
b.profesi, gender, dan ekonomi
c.suku bangsa, agama, dan status sosial
d.profesi, agama, dan kekayaan
e.klan, etnosentrism, dan pelapisan sosial

3.Faktor-faktor yang melatarbelakangi terbentuknya pelapisan sosial di bawah ini adalah ....
a.kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan pendidikan
b.kekayaan, pendidikan, kehormatan, dan kekuasaan
c.pendidikan, kekuasaan, kekayaan, dan kehormatan
d.kehormatan, kekayaan, pendidikan, dan kekuasaan
e.adanya sesuatu yang dihargai

4.Keanekaragaman agama di Indonesia ternyata berhubungan pemetaan geografis hal ini terbukti ....
a.Indonesia di antara dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia
b.terputusnya komunikasi sehingga mereka memilih agama sesuai dengan tingkat kebudayaan mereka
c.Indonesia banyak dialiri sungai-sungai sehingga melahirkan kepercayaan yang berbeda
d.berkat konsolidasi suku bangsa dan kebudayaan menyebabkan keanekaragaman kepercayaan
e.Samudra Hindia merupakan asal di mana Agama Katolik dan Protestan tersebar, sedang Samudra Pasifik tempat asal Agama Hindu, Budha, dan Islam tersebar

5.Adjie sangat mahir berbahasa Jawa asal Jawa, sedangkan Via mahir Bahasa Mandarin asal Tionghoa. Bahasa dalam kontek di atas dapat digunakan untuk .....
a.identitas dari suku bangsa
b.primordialisme suatu bangsa
c.etnosentrisme suatu suku
d.aliran politik tertentu
e.identitas bahasa dan kebudayaan

6.Persamaan antarkepercayaan yang ada terdiri atas ....
a.mempunyai kitab suci, tempat peribadatan, dan upacara-upacara tertentu
b.tidak memiliki tempat peribadatan yang permanen, tidak mempunyai kitab suci yang dapat menjadi pedoman penganutnya, dan adanya upacara tertentu yang dipimpin oleh tokoh kepercayaan
c.memuja Tuhan atau dewa politeisme dan memiliki tempat perpibadatan yang dapat dipindahkan
d.memiliki penganut dan memuja Tuhan monohteisne
e.memiliki upacara tertentu dan termasuk warisan masa lalu

7.Dalam tinjauan biologis, gender menitikberatkan pada ....
a.persamaan peranan dalam berbagai kesempatan
b.perbedaan jenis kelamin antara laki-laki dan perempuan yang secara kodrati tidak bisa disamakan
c.perbedaan profesi antara perempuan dengan laki-laki berdasarkan kesamaan dalam kompetisi
d.kelebihan perempuan khususnya pada sumber daya manusia dibandingkan kaum laki-laki
e.upaya merekonstrusi kembali posisi laki-laki yang dianggap banyak merugikan kaum perempuan melalui pendidikan

8.Terbentuknya pelapisan sosial karena penghargaan yang diberikan individu atau kelompok melalui ....
a.pendidikan, skill, prestasi, dan ekonomi
b.kekayaan, kekuasaan, kehormatan, dan pendidikan
c.kejayaan, kemajemukan sosial, etnosentrisme, dan politik aliran
d.mobilitas sosial, saluran mobilitas, adaptasi sosial, dan primordialisme
e.pendidikan, feodalisme, pelapisan sosial tertutup

9.Yuliyanto sedang mengalami gundah gulana karena jam 14.00 WIB harus menjemput Ibunya, tetapi teman barunya Yuliyanti juga memintanya untuk diantar pulang karena rumahnya jauh. Kebimbangan Yuliyanto sebenarnya sedang mengalami ....
a.konflik status
b.konflik status individual
c.konflik status kelompok
d.konflik antarIndividu
e.konflik batin

10.Kemajemukan sosial dapat memicu terjadnya konflik baik suku bangsa, ras, dan agama bersumber pada ....
a.permasalahan pembagian sumber daya alam yang dikuasai oleh salah satu kelompok yang dominan
b.sentimen kelompok yang merasakan tidak ada keadilan dalam hidup berdampingan sehingga berujung pada konflik antarras, agama, dan suku bangsa
c.pembangunan yang tidak merata
d.adaptasi sosial kaum pendatang yang tidak dapat merangkul penduduk lokal
e.memihaknya aparat terhadap salah satu kelompok yang lebih dominan

11. Apabila ada dua kelompok sedang melakukan penjajagan kepentingan atau kerjasama dalam bidang apa saja, berakhir salah satu menonjol maupun memiliki hak isitimewa dibandingkan kelompok lain merupakan proses terbentuknya ....
a.primordialisme
b.etnosentrisme
c.konsolidasi sosial
d.interseksi sosial
e.interaksi sosial

12.Persilangan antaranggota kelompok yang berlainan ras, agama, dan suku bangsa bertemu di suatu tempat merupakan proses terbentuknya ....
a.interaksi sosial
b.konsolidasi sosial
c.interseksi sosial
d.inkulturasi sosial
e.konflik sosial

13.Perbedaan persilangan dan penguatan terhadap anggota-anggota suatu kelompok dengan kelompok lain terletak pada ....
a.banyak dan sedikitnya pengaruh dari persilangan yang diterima
b.tergantung seberapa besar dominasi dari kelompok yang paling kuat
c.tujuan akhir dari proses pembentukan kelompok yang baru
d.niat masing-masing kelompok dalam mengupayakan terjadinya kelompok sosial yang baru
e.persilangan dan penguatan tergantung dari proses awal dalam melakukan pembentukan kelompok yang baru

14.Perhatikan di bawah ini, mana definisi konflik yang paling tepat!
a.suatu kondisi saat sejumlah besar anggota masyarakat merasa bahwa banyak nilai dan norma yang sudah dilanggar
b.perbuatan individu atau kelompok yang menyebabkan cidera atau hilangnya nyawa individu
c.suatu proses interaksi sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, kebudayaan, dan prilaku
d.suatu proses interseksi sosial yang terjadi karena adanya perubahan-perubahan sosial
e.suatu perbuatan dari suatu individu maupun kelompok yang membuat kehidupan individu yang lain mengalami tidak nyaman dalam hidupnya

15.Dampak positif dari suatu konflik, kecuali ....
a.konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas
b.konflik dapat menyesuaikan kembali norma-norma lama
c.konflik dapat menambah rasa solidaritas sesama kelompok sosial apabila ada ancaman dari kelompok yang lain
d.konflik dapat mengurangi rasa ketergantungan antarindividu atau antarkelompok
e.konflik dapat mengukur tingkat kedewasaan individu atau kelompok

16.Kekerasan adalah ....
a.suatu perbuatan yang berusaha mencelakai orang lain
b.suatu perbuatan yang berakhir tewasnya salah seorang
c.suatu perbuatan individu atau kelompok yang mencoba memanfaatkan situasi sehingga menimbulkan kekerasan
d.perbuatan individu atau kelompok yang menyebabkan cedera atau hilangnya nyawa individu lain
e.suatu proses interseksi sosial yang terjadi karena adanya perubahan-perubahan sosial
17. Suatu pertentangan dapat berubah menjadi suatu kekerasan, apabila ....
a.masing-masing individu atau kelompok tidak mampu menahan emosi
b.salah satu pihak ketahuan berbuat curang ketika sedang melakukan kompetisi
c.kekerasan adalah akhir dari suatu pertentangan
d.pertentangan itu ada salah satu yang cidera karena telah terjadi benturan-benturan fisik
e.kekerasan bagian dari suatu kompetisi

18.Penyelesaian pertentangan dan kekerasan dapat dilakukan melalui akomodasi, yaitu berdasarkan waktu penyelesaikan di antara pihak-pihak yang bertikai dan ....
a.dampak yang tampak dari suatu penyelesaian yang ditimbulkan
b.tolok ukur keberhasilan yang dicapai dari penyelesaian pertentangan maupun kekerasan
c.asal usul permasalahan yang sedang digali
d.langkah-langkah yang ditempuh dalam menyelesaikan permasalahan baik pertentangan dan kekerasan
e.pemanfaatan jenis-jenis penyelesaian yang digunakan

19.Pihak ketiga dalam menengahi masalah, lalu berubah menjadi turut menyelesaikan masalah apabila ....
a.kedua belah pihak sepakat mengadakan penyelesaian sesuai kesepakatan bersama
b.salah satu mendominasi kelompok yang lemah sesuai ajuran pihak ketiga
c.kelompok yang teraniaya mendapatkan perlindungan sesuai kesepakatan kelompok yang berhasil mendominasi
d.kedua belah pihak kembali bertikai, lalu salah satu minta penengah yang ikut menentukan jalannya penyelesaian mereka
e.keduanya tetap bersikukuh dan masing-masing minta bantuan hukum

20.Potensi terjadinya asimilasi maupun perpecahan hanya terjadi pada masyarakat yan menganut ....
a.strata sosial
b.mobilitas sosial
c.stratifikasi sosial
d.majemuk
e.rasisme

21.Perhatikan gambar segitiga berikut ini!
1.Elit
2.Profesional
3.Semi Profesional
4.Skill
5.semi skill
6.unskill

Gambar segitiga di atas merupakan stratifikasi sosial berdasarkan kriteria ekonomi khususya pada negara demokrasi. Pada bagian kelompok profesional para pendukungnya meliputi ….
a.orang-orang kaya, mempunyai kedudukan , dan memperoleh penghormatan di masyarakat
b.para pegawai kantor, pedagang, teknisi berpendidikan menengah, dan tidak bergelar
c.orang-orang yang mempunyai ketrampilan mekanis, teknisi, kapster
d.para pekerja di pabrik, ketrampilan supir, dan pelayan restoran
e.orang-orang yang berijazah, bergelar, dan dari dunia usaha yang berhasil

22.Berikut ini merupakan pernyataan-pernyataan yang tidak sesuai dengan masyarakat pertanian adalah ….
a.mengandalkan tanah sebagai mata pencaharian utama
b.ketergantuangan dengan alam sangat tinggi
c.mempunyai kecenderungan sifat terbuka
d.masyarakatnya relatif homogeny
e.pola kepemimpin bercorak informal

23.Penduduk desa yang bekerja dengan kuat sehingga memiliki areal pertanian yang luas dan memiliki tanah mapun pekarangan yang luas adalah ….
a.cikal bakal c. kuli kendo e. indung tlosor
b.kuli kenceng d. rakyat jelata

24.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
•Kelompok Anakarung, yang mempunyai gelar kebangsawanan yaitu Andi dan Kraeng
•To maradeka, kelopok ini bukan budak
•Kelompok ata terdiri atas kelompok budak yang tidak mampu membayar pajak
Pembagian stratifikasi social di atas berasal suku bangsa ….
a.Suku Bangsa Bugis
b.Suku Bangsa Sangirtalaut
c.Suku Bangsa Gorontallo
d.Suku Bangsa Toraja
e.Suku Bangsa Palu

25.Perhatikan gambar segitiga berikut ini!


Pembagian stratifikasi social pada masyarakat modern berdasarkan kriteria ….
a.ekonomi c. pendidikan e. kolonial
b.social d. pertanian


26.Anik sejak mempunyai kenalan baru dari sekolah lain, ternyata mengalami perubahan-perubahan yang terjadi pada dirinya misalnya gaya bicara, cara berpakaian, makanan, dan hobi. Kasus yang terjadi pada Ani menunjukkan identitas stratifikasi social tertentu, sehingga dapat dikatakan bahwa ….
a.Anik telah melaksanakan konsekuensi stratifikasi social
b.Anik telah berhasil melakukan mobilitas social
c.Anik telah berhasil melakukan mobilitas social vertical
d.Anik telah berubah karena kerja kerasnya
e.Anik berhak berubah atas kemauannya

27.Orang-orang yang bekerja sebagai Departemen Kehakiman dan HAM, dan pengacara di Jakarta kebanyakan berasal dari Suku Batak. Kalaupun ada suku bangsa lain jumlahnya sedikit. Dominasinya pekerjaan tersebut oleh orang yang berasal dari Suku Batak menunjukkan praktek yang berdasarkan ….
a.Primordialisme c. konsolidasi e. aliran politik
b.Etnosentrisme d. aliran politik

8.Sisi positif dari etnosentrisme adalah ….
a.dapat memperteguh cinta tanah air
b.adanya anggapan paling istimewa terhadap kelompoknya
c.terdapatnya sikap teguh mempertahankan kelompoknya dari ancaman dari luar
d.adanya nilai-nilai yang berhubungan dengan keyakinan
e.menghindari fanatic berlebihan

29.Perhatikan contoh kasus di bawah ini!
PKB, partai politik yang ternyata dikelilingi oleh organisasi-organisasi sayap non partisan seperti NU, IPPNU, Anshor, dan PMII.
Partai politik yang terbentuk melalui kesamaan emosi, ras, dan agama merupakan pengertian ….
a.aliran politik c. konsolidasi e. konflik sosial
b.politik aliran d. etnosentrisme


30.latar belakang terjadinya perpecahan ketika proses konsolidasi dari suatu organisasi adalah ….
a.usaha menghilangkan perpecahan di antara anggota-anggota kelompok
b.usaha memisahkan diri dari perpecahan
c.usaha mempengaruhi para oposisi untuk bergabung dengan kelompok yang dominan
d.usaha menata kembali kelompok-kelompok yang diambang perpecahan melalui pengalangan kekuatan dan berusaha menyingkirkan kelompok oposisi
e.usaha mengalahkan kelompok yang dominan

31.Tahap-tahap proses terjadinya konflik adalah ….
a.kompetisi-kontravensi-konflik
b.kontravensi-konflik-kompetisi
c.kompetensi-kontravensi-konflik
d.konflik-kekerasan-kompetensi-kontravensi
e.kompetisi-kontravensi-kekerasan

32.Perhatikan perhatikan pernyataan berikut ini!
•Tidak adanya pegangan dalam masyarakat ketika terjadi perbadaan paham
•Kemampuan norma sangat terbatas
•perbedaan tafsiran mengenai norma yang berlaku
•Sanksi dari norma tidak dapat direalisasikan dengan baik
•Tindakan masyarakat tidak sesuai dengan ketentuan norma yang berlaku
Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan, bahwa telah terjadi ….
a.gejala-gejalan konflik
b.gejala-gejala kekerasan
c.gejala-gejala disorganisasi dan disintegrasi
d.gejala-gejala gagalnya konsolidasi
e.gejala-gejala proses interseksi

33.Seorang pejabat sengaja menerima suap dari salah satu pengusaha dengan tujuannya memenangkan tender proyek di pemerintah daerahnya. Contoh kasus di atas, merupakan salah satu factor terjadinya konflik social khususnya pada ….
a.perbedaan antarindividu c. perbedaan kepentingan e. perubahan kebudayaan
b.perbedaan kebudayaan d. perubahan sosial

34.Unjuk rasa menuntut perbaikan penghasilan upah kaum buruh pada salah satu perusahaan di Jakarta. Berdasarkan bentuk-bentuk konflik di atas menunjukkan terjadinya ….
a.konflik non realistis
b.konflik mutlak
c.konflik relatif
d.konflik kekerasan
e.konflik realistis

35.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini
•Konflik dapat memperjelas aspek-aspek kehidupan yang belum jelas
•Konflik memungkinkan adanya penyesuaian kembali nilai dan norma social
•Konflik dapat meningkatkan rasa solidaritas sesama anggota kelompok
•Konflik dapat melahirkan kompromi baru dalam menyelesaikan masalah
Adapun pernyataan di atas, merupakan dampak konflik yang dilihat dari segi ….
a.negatif c. kemajuan e. stagnan
b.positif d. akomodasi

36.Kaum humanis ketika melihat seorang pencuri dihakimi oleh massa, menganggap bahwamassa pun ikut dipersalahkan karena sama saja telah melakukan penganiyaan. Kekerasan seperti ini dapat digolongkan ….
a.kekerasan langsung
b.kekerasan tidak langsung
c.kekerasasan kelalain
d.kekerasan berencana
e.kekerasan non realistis

37.Perhatikan tahapan-tahapan terjadinya kekerasan massal menurut N.J Smelser yang paling benar di bawah ini!
a.Situasi sosial yang mendukung terjadi kerusuhan- tekanan social berkembangnya perasaan kebencian mobilitas massa kontrol social
b.Situasi sosial yang mendukung terjadi kerusuhan tekanan social berkembangnya perasaan kebencian kontrol social mobilitas social
c.kontrol social tekanan social berkembangnya perasaan kebencian kontrol social
d.Situasi sosial yang mendukung terjadi kerusuhan- kontrol social berkembangnya perasaan kebencian akomodasi sosial mobilitas social
e.Situasi sosial yang mendukung terjadi kerusuhan akomodasi social berkembangnya perasaan kebencian mobilitas sosial kontrol social

38.Kasus tawuran antasuku bangsa yang terjadi di Ambon dan Poso, dapat dikategorekan dalam teori kekerasan. Teori kekerasan yang paling tepat untuk kasus di atas adalah ….
a.factor individual
b.factor kelompok
c.dinamika kelompok
d.perubahan kelompok
e.perpecahan antarkelompok

39.Berikut ini yang merupakan pendekatan sosial adalah ….
a.melakukan penyuapan kepada salah satu pihak
b.membuat persaingan antara pihak yang berkonflik
c.menggunakan aturan yang tidak mengikat
d.menggunakan pola bertahan
e.menghancurkan salah satu pihak yang berkonflik

40.Persyaratan kebudayaan asing supaya dapat diterima oleh masyarakat Indonesia adalah ….
a.adanya kesiapan pengetahuan dan ketrampilan tertentu
b.toleransi terhadap kelompok-kelompok manusia dengan kebudayaan yang berbeda
c.sikap saling menghargai orang dengan kebudayaan yang berbeda
d.persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan
e.perkawinan campuran (amalgamasi)

41.Perhatikan tahapan-tahapan integrasi sosial (asimilasi) yang benar!
a.kerjasama akomodasi koordinasi asimilasi
b.akomodasi kerjasama koordinasi asimilasi
c.asmililasi akomodasi koordinasi kerjasama
d.kerjasama koordinasi difusi asimilasi
e.kerjasama akomodasi koordinasi akulturasi

42.Semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, adalah contoh yang paling tepat untuk bentuk-bentuk inte grasi sosial khususnya pada ….
a.integrasi fungsional
b.integrasi normatif
c.integrasi koersif
d.integrasi apresiatif
e.integrasi sosial

43.Dalam mempelajari mobilitas social sering kita temukan khususnya pada ….
a.Stratifikasi sosial
b.stratifikasi social tertutup
c.stratifkasi social terbuka.
d.Stratifikasi social campuran
e.Konsolidasi social


44.Guru Sosiologi SMA Negeri 2 Magelang yang bernama Sarono dipindahkan tugas mengajar ke SMA Negeri 1 Magelang. Dari kasus di atas, menunjukkan telah terjadi proses ….
a.mobilitas social vertical naik
b.mobilitas social vertical turun
c.mobilitas social vertical
d.mobilitas social intragenerasi
e.mobilitas social horizontal

45.Cindy mengungsi di Menowo karena desanya terkena awan panas. Dari kasus tersebut telah terjadi mobilitas khususnya ….
A.mobilitas social vertical naik
B.gerak social geografis
C.mobilitas social antargenerasi
D.mobilitas social intragenerasi
E.mobilitas social horizontal

46.Anak-anak kelas XI IPS angkatan 2010 ternyata banyak yang sukses bekerja menjadi guru sosiologi dan sejarah. Contoh kasus tersebut merupakan bentuk mobilitas social ….
A.vertical naik c. social vertical e. horizontal
B.vertical turun d. intragerasi

47.Ulya memutuskan untuk merantau setelah lulus kuliah jurusan sosiologi dari Universitas Gajah Mada, ke Jakarta. Alasannya sepele, yaitu keterbatasan lapangan pekerjaan di Kota Magelang. Contoh studi kasus di atas merupakan salah satu factor yang mempengaruhi mobilitas social khususnya pada ….
a.perubahan kondisi social d. situasi politik
b.ekspansi territorial e. pembagian kerja
c.tingkat fertilitas yang berbeda

48.Di bawah ini yang tergolong bukan factor-faktor penghambat mobilitas social adalah ….
A.persamaan rasial
B.diskriminasi kelas dalam sistem terbuka
C.kemiskinan
D.gender dalam masyarakat
E.perbedaan agama

49.Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!
•Perubahan standar hidup
•Perubahan tempat tinggal
•Perubahan tingkah laku
•Pernikahan
Dari pernyataan-pernyataan di atas merupakan mobilitas social khususnya pada ….
A.cara melakukan mobilitas social
B.saluran mobilitas social
C.bentuk-bentuk mobilitas social
D.struktur mobilitas social
E.factor pendorong mobilitas social
50.Mutiara Sekar Kasih anak seorang petani desa setelah lulus SMA Negeri 2 Magelang melanjutkan ke UGM, dan lulus sarjana. Kemudian bekerja sesuai dengan kehliannya. Dari studi kasus di atas menunjukkan adanya elevator khususnya pada …..
A.lembaga keagamaan c. organisasi ekonomi
B.organisasi politik d. lembaga pendidikan
e. lembaga pernikahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar