| MATERI | BENTUK SOAL | NO SOAL |
| Ruang lingkup ilmu sejarah | PG | 1 |
| Tradisi pada masyarakat pra aksara | PG | 2 |
| Prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah | PG | 3 |
| PG | 4 | |
| PG | 5 | |
| Kehidupan awal masyarakat Indonesia | PG | 6 |
| PG | 7 | |
| PG | 8 | |
| PG | 9 | |
| PG | 10 | |
| Hipotesa masuknya Agama Hindu dan Budha di Nusantara | PG | 11 |
| Perkembangan tradisi Hindu-Buddha dengan perubahan struktur sosial masyarakat, pendidikan, kesenian, dan teknologi pada masa kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Buddha. | PG | 12 |
| Fakta-fakta tentang proses interaksi masyarakat di berbagai daerah dengan tradisi Hindu-Buddha di bidang agama, sosial, dan arsitektur. | PG | 13 |
| | PG | 14 |
| Muncul dan berkembang-nya negara-negara kera-jaan Hindu-Buddha di Indonesia | PG | 15 |
| Sistem dan struktur sosial, ekonomi (per-dagangan, tenaga kerja, penguasaan tanah, pa-jak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. | PG | 16 |
| Struktur birokrasi kera-jaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah. | PG | 17 |
| Tempat dan bukti awal penyebaran Islam di Indonesia | PG | 18 |
| Konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan bercorak Islam | PG | 19 |
| Perpaduan arsitektur lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di berbagai wilayah Indonesia. | PG | 20 |
| Hubungan merkantilisme, revolusi industri, dan kapitalisme di Eropa dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia. | PG | 21 22 |
| Hubungan kehidupan kekotaan dengan mun-culnya pergerakan ke-bangsaan Indonesia | ESEY | 51 |
| Peristiwa-peristiwa pen-ting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia. | PG | 23 |
| Bentuk-bentuk interaksi Indonesia-Jepang pada masa kolonial Belanda dan pengaruhnya ter-hadap kebiajakan peme-rintah Hindia Belanda. | ESSEY | 52 |
| | PG | 24 |
| Revolusi Prancis | PG | 25 |
| Paham-paham barat | PG | 26 |
| Kebijakan pemerintah kolonial di Indonesia pada abad ke-19 sampai dengan awal abad ke-20. | PG | 27 |
| Peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia | ESSAY | 53 |
| | PG | 29 |
| | PG | 30 |
| Pembentukan lembaga-lemba-ga kelengkapan negara. | PG | 31 |
| Kebijakan ekonomi pemerintah sampai tahun 1950 | PG | 32 |
| | ESSEY | 54 |
| Pembangunan Politik pada awal kemerdekaan sampai tahun 1950 | PG | 33 |
| Ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S-1965/ PKI) | PG PG | 34 35 |
| PG | 36 | |
| Proses peralih kekuasaan setelah peristiwa 30 September 1965 | PG | 37 |
| Ciri-ciri pokok kebijakan pemerintah Orde Baru. | PG | 38 |
| Dampak menguatnya peran negara terhadap kehidupan masyarakat politik pada masa Orde Baru | PG | 39 |
| Latar belakang gerakan reformasi | PG | 40 |
| 6 Agenda reformasi | PG | 41 |
| Perubahan masyrakat pada masa reformasi | ESSEY | 55 |
| Peran kaum intelektual muda dalam reformasi | PG | 42 |
| Latar belakang dan dampak perang dingin | PG | 43 |
| Pengaruh perang dingin terhadap perkembangan politik di Indonesia | PG | 44 |
| Peranan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif | PG | 45 |
| Konflik Kamboja | PG | 46 |
| Reunifikasi Jerman | PG | 47 |
| Masalah Afganistan | PG | 48 |
| Apartheid di Afrika Selatan | PG | 49 |
| Konflik Yogoslavia | PG | 50 |
| Masalah Palestina | PG | 50 |
| |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar